Latest Posts

Es Kalimantan..

By January 16, 2012

Binjai...nge denger namanya, kita langsung keinget ma salah satu buah yang kulitnya jabrik2 seperti rambut. Yuppss, rambutan Binjai. Rambutan binjai emang enak banget, banyak airnya, manis dan slurp lah.  Karena banyak yang suka, tempat   pembudidayaanya pun sudah banyak tersebar, salah satu nya di Blitar, Jawa Timur. Binjai sendiri merupakan salah satu kotamadya di Sumatra Utara. Dari Medan, butuh waktu sekitar satu jam  untuk kesana karena jaraknya dari Medan adalah 22 km.

Kalo dihitung2 saya udah hamper 5 kali pergi ke Binjai. Tujuan utamanya sey gawe. Kerjaan saya emang survey lokasi demand, jadi mau gak mau harus nge datengin semua area lokasi kerja. Mulai dari Binjai, Kuala, Stabat, Brandan, sampe Pangkalan Susu.. Sayangnya saya paling jauh baru sampai Stabat.

Kedai Es Kalimantan
Beres gawean ngunjungi salah satu perumahan disana, kami singgah dulu di salah satu kedai minuman yang terkenal dsna. Pas banget waktu itu hawanya panas banget, dan ngadem di kedai minuman  itu pilihan yahuud, hehe… Kedai minuman yang kami datangi udah jadi rahasia umum lagi buat masyarakat Binjai, yaitu ES Kalimantan. Lokasi kedai nya ada di tengah kota, yaitu Jalan Sudirman no 35 (sekitar 20 meter dari Vihara Setia Budha) . Kedai ini sudah berdiri hampir 50 th dan merupakan kedai keluarga. Menurut Law Fui Tjeng (pemiliknya),kedai ini di namakan  Es Kalimantan  lantaran pendiri pertamanya (orang tuanya)  berasal dari Kalimantan, alm. Law Aseng

Chichi nya lagi melayani pelanggan
Jenis es yang ditawarin ada 2 macem, yaitu Es Campur dan Es Buah. Kebetulan yang kami pesen kemaren adalah Es Campurnya. Isi dari es campur ini macem2, ada ketan item, tape, agar2, cendol,kacang hijau, dan tentunya air santen dengan gula arennya yang khas banget.  Satu gelas es campur dihargai Rp 7000 . Untuk es buah, harganya juga sama. Selain es, disitu juga disuguhkan nagasari dingin dan agar2.

Nagasari dingin  dan Es Campur
Suasana dari kedai Es Kalimantan ini jadul banget,mirip ma kedai Es Krim Ragusa di Jakarta. Tempat duduknya, mejanya. Oiya, di luar kedai ada yang jual Sate Padang (kuah kacang maupun kuah padang ), yang bisa dipesen untuk dimakan di dalam kedai.  So far, menurut saya kedai es ini lumayan lah untuk dikunjungi kalo kalian maen ke Binjai.. happy sluurrp...

You Might Also Like

0 comments