Latest Posts

Warung Kak Yus...

By February 13, 2012

Kalo bicara masalah makanan enak di Medan, emang gak ada matinya. Banyaknya etnis yang tinggal dsini menjadikan lidah para pecinta kuliner termanjakan (hehe,,, bahasany lebay). Mau masakan India, tinggal ke arah Jl. Zainul Arifin (kampung Keling), Chinese food ada di daerah Gatot Subroto, masakan Batak  di arah Tuntungan, dan jangan ditanya masalah masakan Minang deh.. Dia menjamur dimana2, tinggal pilih mau restoran yang kaki lima ato full ac.

Perjalanan kuliner saya kali ini adalah ke arah Jalan Pandu mengunjungi suatu kedai makan yang kata orang2 kantor saya tuh maknyosss banget. Kebetulan kami habis belanja di daerah palangkaraya, dan  it’ s took 10 minutes to go there (hehe,,sok keminggris).  Jangan bayangkan restoran yang gede dengan fasilitas AC nya, warung Kak Yus ini nyentrik banget loh. Letaknya pinggir rel kereta api, dari luar pun Cuma ada tulisan kecil “ Warung Kak Yus” .. Sepintas orang akan beranggapan , ni kedai kayak warteg aja.. Eits jangan salah.. Kalo pas jama makan siang,, seperti lautan manusia ni warung.. Orang2 pada ngantri buat makan di kedai berukuran   6 x 5 m itu.. Siap2 berdiri dulu yah di depan warung kalo misalnya gak dapat jatah tempat duduk.. Hehe

Warung Kak Yus (tampak depan)

Menu yang disajikan di warung ini merupakan kolaborasi dari masakan  Sunda dan Padang, karena itu cita rasany unik banget.  Yang jadi inceran orang2  ke warung ini adalah ikan bakarnya. Ada bermacem2 jenis ikan yang disajikan, mulai dari gembung, kerapu, nila.. Dan salah satu inceran para pemburu makanan disini adalah Ikan Gembung Acar.  Ikan gembung yang fresh dikukus dan dibumbuin setelah itu  dibakar.. Penyajiannya adalah dengan disiram kuah acar yang seger banget (cabe keriting merah dan hijau, dan  bawang merah).  Makin tambah lezat dengan sambel nya yang slurp dan potongan bawang gorengnya. Oiya, jangan lupa buat menambahkan perasan jeruk nipis pada sambalnya..

Kebetulan banget pas kami kesitu, ikan gembungnya dah ludes. Saat itu di etalase makanan, adanya lele bakar, telur dadar, kerapu. Berhubung saya pengen banget ikan, saya pilih kerapu bakarnya. Hhhmm gak butuh waktu lama untuk mencicipinya… Setelah 5 menit nunggu, kerapu bakar yang saya pesen udah datang, plus sambal nya yang segerrr.. Kerapu ny fresh banget, kerasa waktu pertama  kali disobek dan dikunyah.  Dan tidak lupa campuran sambel plus bawang merah dan perasan jeruk nipis harus ditambahkan..
Kerapu bakar dan kelezatannya

Sambal yang maknyuss

Untuk menikmati makanan2 di Warung Kak Yus ini, kita tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Satu porsi makanan berkisar dari Rp 12,000 –Rp 20,000. Kebetulan pas yang saya pesen ikan kerapu bakar, agak mahalan. Rp 22,000-an (saya lupa persisny coz bayarnya ramean). Saya sarankan juga kalo kesana, harus cepet ,sebelum makan siang lah, supaya gak antri. Hehe,, plus… Kata teman2 saya dsini, lebih baik kita makan di warungnya langsung. Karena jika makanan yang kita pesan dibungkus, ketika sampai rumah, rasany kurang sedap..

Selamat mencoba teman2,,  As inpoh, alamat lengkapnya :
JL. Pandu No. 24 medan 20151
telp ; (061) 4558685 / 08197228467

You Might Also Like

3 comments

  1. Abang ucok dimana dul...

    ReplyDelete
  2. Duren ucok duren ucok

    ReplyDelete
  3. Cincay lah duren ucok,, ntar dibahas disini..
    Buru kesini lah nol, ntar ane traktir..
    Di depan kantor ane tiap sore ada yg jual duren cuy,,semerbak wanginya..

    ReplyDelete