Latest Posts

Qurban Kambing atau Sapi??

By October 02, 2012


Horeee udah masuk bulan Oktober, artinya bakal ada liburan panjang menanti. Ready for vacation? Hhmm, galau dan bimbang ney mau jalan2 ato gak, soalnya kan liburan bulan ini berbarengan dengan  hari Raya idul Adha (so, klo pun berlibur, harus cari masjid terdekat buat nunain sholat Ied). Selain itu, saya juga digalaukan sama jadwal perlombaan yang saya dan kawan2 di Medan ikutin. So, kalo pun pengen berlibur, nanti pasti dadakan..hehee :D

Upps I’m not talking about vacation in right now. I want to share something very important for us (as a Muslim) to know. Hehe, bahasanya keminggris banget yah, pdhl saya masih kacau masalah grammar. Nanti saya berguru dulu sama shifu2 sebelom posting pake bahasanya bule2 itu.

Jadi gini, kemaren saya lagi bbm an ma sahabat saya, si uda Heriyanto, kita lagi ngobrolin masalah kambing.  Gini ney sekilas obrolan kami :

W : Eh uda, dirimu dah beli kambing lom bwt hari raya besok
H : Belom sey, rencananya mw beli 2 , buat emak ma babe
W : Lah emang kalo kita beli kambing, itu diniatin utk 1 orang yah kurbannya?  Gak boleh ya kita beli   satu kambing, diniatin utk korban atas nama emak ma babe?
H : Ga boleh neng, jadi aturan Islam nya gitu. Kalo kita kurban kambing, itu diniatin utk 1 orang. Kalo sapi, itu boleh utk 7 orang. Gitu aturannya.
Wokee, saya iya in aja waktu itu, saya ga berani berargumentasi lantaran ilmu saya mengenai hal tsb emg tidak ada. Cuma saya udah berniat juga utk mengetahui kebenaran omonganya si Heri. Benar ga sey hukum berkurban seperti itu.
Tadaaaa,,, today is the day. Setelah nyampe kantor, berbekal koneksi inet yang lagi oke, saya langsung tulis keyword di Mbah Google bwt cari jawaban. Supaya lebih afdol pencariannya, saya buka beberapa artikel terkait dengan pengadaan Qurban itu sendiri. Dan inilah hasil pencarian saya :

Qurban seekor kambing itu cukup utk kurban satu keluarga. Pahalanya pun mencakup seluruh keluarga tsb meskipun jumlah anggota keluarga tsb. banyak, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal. Sebagaimana ditunjukkan dalam hadits dari Abu Ayyub radhiyallahu’anhu yang mengatakan,
Ùƒَانَ الرَّجُÙ„ُ ÙŠُضَØ­ِّÙŠ بِالشَّاةِ عَÙ†ْÙ‡ُ ÙˆَعَÙ†ْ Ø£َÙ‡ْÙ„ِ بَÙŠْتِÙ‡
Pada masa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam seseorang (suami) menyembelih seekor kambing sebagai kurban bagi dirinya dan keluarganya.” (HR. Tirmidzi, ia menilainya shahih, Minhaajul Muslim, Hal. 264 dan 266).

Selain itu juga, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam  pernah melaksanakan kurban untuk dirinya dan seluruh umatnya. Suatu ketika rasulullah hendak menyembelih kambing kurban, sebelum menyembelih rasulullah mengatakan,
اللّÙ‡ُÙ…ّ Ù‡َØ°َا عَÙ†ِّÙŠ، ÙˆَعَÙ…َّÙ†ْ Ù„َـمْ ÙŠُضَØ­ِّ Ù…ِÙ†ْ Ø£ُÙ…َّتِÙŠ
“Ya Allah ini –kurban– dariku dan dari umatku yang tidak berkurban.”(HR. Abu Daud, no.2810 dan Al-Hakim 4:229 dan dishahihkan Syekh Al-Albani dalam Al Irwa’ 4:349).


Berdasarkan hadits ini, Syekh Ali bin Hasan Al-Halaby mengatakan, 

Kaum muslimin yang tidak mampu berkurban, mendapatkan pahala sebagaimana orang berkurban dari umat Nabi shallallahu 'alaihi wassalam "  (Ahkamul Idain, Hal. 79)


Kesimpulan :

Jadi, tidak menjadi masalah apabila kita berkurban kambing 1 ekor, dan meniatkan untuk seluruh keluarga kita.  Yang harus menjadi perhatian bagi kita adalah tentang tata cara pembiayaan pengadaan Qurban itu sendiri, dimana :
Biaya pengadaan kambing hanya boleh dari satu orang,
Biaya pengadaan sapi hanya boleh dari maksimal tujuh orang ,
dan kurban unta hanya boleh dari maksimal 10 orang. 

Bagaimana kalo kita pengen patungan sapi aja, daripada kurban sendiri 1 kambing ?

Sebagian ulama menjelaskan, kurban satu kambing lebih baik dari pada ikut urunan sapi atau unta, karena tujuh kambing manfaatnya lebih banyak dari pada seekor sapi (Shahih Fiqh Sunnah, 2:375, Fatwa Lajnah Daimah no. 1149 dan Syarhul Mumthi’ 7:458).

Imam As-Saerazi Asy-Syafi’i mengatakan, “Kambing (sendirian) lebih baik dari pada urunan sapi tujuh orang. Karena orang yang berkurban bisa menumpahkan darah (menyembelih) sendirian.” (Al Muhadzab 1:74).
Di antara alasan lain yang menunjukkan lebih utama kurban sendiri dengan seekor kambing adalah " Kurban yang dilakukan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah utuh satu ekor, baik kambing, sapi, maupun unta, bukan 1/7 sapi atau 1/10 unta (urunan dengan sahabat)."

Jadi, jelas sudah kepusingan saya kemaren. Boleh ga yah kurban 1 kambing diniatkan untuk 1 keluarga saya. Dan alhamdulilah, jawabannya boleh.. Semoga bermanfaat posting ini buat temen2 yg lagi nyiapin Qurban nya di taon ney.


You Might Also Like

1 comments

  1. Biasanya semakin mendekati Idul Adha kambing qurban pasti semakin melambung tinggi saat mendekati Idul Adha, dan sering biasanya penjual memberi harga lebih murah di 3-5 bulan sebelumnya

    ReplyDelete