Latest Posts

Tinggi kali lah Sipiso-piso ini..

By June 06, 2012

Perjalanan ketiga kami saat itu adalah Air Terjun Sipiso-piso. Air Terjun dengan ketinggian 200 meter ini letaknya di Kebanjahe. Lumayan jauh kalo dari Lau Kawar. Jadi kami harus naek colt ke pasar Kaban jahe trus lanjut naek angkot ke Sipiso-piso. Perjalanan Lau Kawar- kabanjahe sekitar 1 jam. Kabanjahe – Sipiso piso sekitar 1 jam. Total perjalanan kami 2 jam, dengan pengeluaran untuk colt 6000 rupiah dan angkot 8000 rupiah.

Bus arah Berastagi-Kebanjahe

Pemandangan sepanjang perjalanan (Sinabung Mount.)
Kalo kalian dari Medan, tinggal naik Sutra ke arah Kabanjahe. Trus lanjut pake angkot atau mini bus ke arah Sipiso-piso. Seinget saya, kalo angkot cari yang ke arah Tongging, tapi kalo mini bus ntar kalian akan turun di persimpangan pintu masuk ke air terjun. Disitu sudah ada bapak2 becak yang nawarin buat nganterin ke air terjun. Dari persimpangan ke air terjun cukup jauh. Saya kurang nyaranin jalan (30 menit estimasinya), mending keluar uang dikit aja. 
Harga tiket masuk Sipiso-piso

Tiket masuk ke air terjun sekitar 3000 rupiah untuk tiap orang. Perjalanan menuju air terjun cukup melelahkan.. Hahaha, maklum kami stripping backpackeran. Jadi udah sisa2 nyawa lah kalo mau turun sampai dasar. Kami pun mutusin untuk turun sampe setengah perjalanan dan istirahat di salah satu pondokan yang disediain. Mulai lah kami bernarsis ria, jepret sana sini dengan latar air terjun.

Tangga untuk turun ke air terjun cukup sempit, dan be aware yah kalo hujan/ sisa hujan, tangganya lumayan licin. Do not use high heel, bisa varises ntar tuh kaki.  Satu lagi tips, kalau kalian mau turun sampai bawah, sediakan baju ganti karena percikan air terjun nya bener2 bikin basah kuyup. 

Untuk masalah perut, tidak perlu khawatir, banyak warung disini (masakan Minang juga ada) dengan harga makanan sekitar 10-15 ribu rupiah. Kalau mau belanja souvenir juga bisa. Banyak kios-kios yang menjual kaos dengan tulisan Sipiso-piso/ Danau Toba dengan harga sekitar 30 rbu rupiah. 
Sipiso-piso dari atas

Tim sukses nge-bolang

with Lake Toba behind
Di salah satu sisi dari lokasi air terjun Sipiso-piso, kita bisa melihat Danau Toba dengan keindahan pegunungan bebatuannya.  Keren banget buat foto-foto deh. Gak nyesel pernah kesini. 

Untuk perjalanan pulang, kami nyarter angkot yang ada di parkiran buat nganterin kami ke persimpangan jalan masuk. Beruntung banget tuh abang2 nya mau nganterin karena sebenernya dia lagi nungguin rombongan. Oiya, untuk keluar dari area air terjun emang cukup susah. Gak ada ojek, kalopun nunggu angkot dari Tongging (depan loket Sipiso-piso) itu bisa lama banget, jalan pun juauuuh, jadi kita musti pintar2 nego buat cari bantuan ke persimpangan. Dari persimpangan itu, kita tinggal nunggu mini bus yang ke arah terminal Kabanjahe . dari situ kita baru naek Sutra lagi untuk ke Medan. 

Oke deh, kayaknya itu dulu cerita perjalanan sya. Thanks banget buat team Backpacker Medan yang udah ngajakin explore keindahan Sumatra, Antie, Reyza, Jojo, Taufik. You were awesome guys..

You Might Also Like

0 comments